Proses Cara Mengawinkan Indukan Ikan Lele

Untuk mengawinkan sepasang ikan lele gak sembarangan loh sobat, dua indukan baik dari yang jantan atau pun yang betina harus sama-sama matang kelamin (siap untuk dikawinkan/dipijah). Dipostingan “Cara Memilih Induk Ikan Lele Yang Unggul” Pak HaBe sudah tuliskan bagaimana mengetahui ikan lele yang siap untuk dikawinkan. Ada tambahan sedikit, untuk ukuran induk ikan lele yang jantan dan betina kalau mau dikawinkan atau dipijah harus besarnya yang sama sobat. Jangan yang satu besar yang satunya masih dibawah umur, nanti ditangkep sama satpol PP loh gara-gara perlakuan tidak terpuji kepada hewan dibawah umur, haha. Setelah dua indukan yang ingin di kawinkan telah lengkap tinggal diletakkan dah di tempat yang disediakan (lebih baik kolam terpal). Supaya dua indukan ikan lele tadi tidak loncat kesana-kemari dari kolam yang disediakan, sobat bisa pasang kawat kasa di atas kolam atau kain lebar untuk menutupi bagian atasnya, asal jangan terlalu rapat ya sobat, beri ruang untuk udara masuk.

Sama halnya dengan manusia, proses perkawinan si ikan lele ini biasanya terjadi pada tengah malam sobat, hehe. Jika suasana nyaman dan mendukung pasti langsung memijah tuh dua hewan berkumis tipis. Induk ikan lele betina akan mengeluarkan sel telurnya dan juga dalam waktu yang hampir bersamaan induk ikan lele jantan juga mengeluarkan sel spermanya di dalam air. Sehingga terjadilah proses membuahi atau dalam biologi biasa dikenal dengan fertilisasi.

Jangan kaget ya sobat kalau dalam proses pemijahan atau pengawinan, si ikan lele betina bisa menghasilkan buanyakkkk sekali sel telur. Kalau dihitung mungkin kira-kira sekitar sebanyak 100.000 – 150.000 sel telur berbentuk butir-butir kecil. Akan tetapi, tidak semua butir atau sel telur tadi berhasil dibuahi, pasti ada sebagian yang tidak terbentuk sempurna, sehingga dipastikan tidak dapat menetas. Hal itu biasa kok sobat, gak perlu bingung ya..

Proses Cara Mengawinkan Ikan Lele

Setelah dirasa proses pemijahan atau pengawinan dua indukan ikan lele tadi dikatakan berhasil (untuk prosesnya sobat bisa lihat gambar di atas), cepat-cepat pisahkan dengan telur-telur yang sudah dikeluarkan dan letakkan ditempat pengembakbiakan semula. Hal ini mengantisipasi si ikan lele memakan telurnya sendiri.

Itulah sedikit Proses Cara Mengawinkan Indukan Ikan Lele yang infonya Pak HaBe ambil dari salah satu buku terlaris di Indonesia. Mudah kan sobat? Cap cus dah yang pengen praktek, Pak HaBe do'akan telurnya nanti banyak yang netas. Untuk proses atau cara penetasan telur ikan lele bisa baca di postingan "Cara Menetaskan Telur Ikan Lele Hasil Pemijahan"



0 comments:

Post a Comment

Pergunakan kotak komentar ini dengan bijak :)

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013. Tutorial Cara Budidaya - All Rights Reserved KEBIJAKAN PRIVASI